Cina Town jadi Cagar Budaya dan Pusat Ekonomi Kerajaan Siak

Sabtu,17 Februari 2018 | 15:48:30 WIB
Cina Town jadi Cagar Budaya dan Pusat Ekonomi Kerajaan Siak
Ket Foto : Cagub Riau, H Syamsuar saat berdialog dengan warga di China Town yang tertimpa musibah kebakaran.

SIAK,jurnalmetronews.com- Calon Gubernur Riau, H Syamsuar mendatangi warga yang terkena musibah di kawasan China Town, Kecamatan Siak, Kabupaten Siak, Provinsi Riau. 

Syamsuar yang sedang cuti sebagai Bupati Siak ini, sungguh sedih melihat musibah besar yang dialami warga Tionghoa. Pasar Cina Town Siak, bukan hanya pasar biasa, tetapi jadi bagian sejarah Kota Siak, sehingga ditetapkan sebagai Cagar Budaya. Sebab, sudah ada di zaman Sultan Syarif Hasyim yang merupakan kawasan pusat ekonomi Kerajaan Siak.

Selain itu, kawasan Cina Town juga sebagai salah satu kawasan cagar budaya yang sejak dulu jadi pasar dan pelabuhan rakyat. "Saya temui langsung saudara kita yang jadi korban kebakaran. Tangisan mereka adalah tangisan saya juga. Duka mereka, saya yakin juga menjadi duka banyak masyarakat Siak, bahkan masyarakat Riau yang pernah mengunjungi keindahan tempat ini," kata Syamsuar.

Ia berharap para korban agar diberi kesabaran dan ketabahan. Bantuan sudah mengalir. "Kita akan hadapi dan lalui duka ini sama-sama. Kita akan bangkitkan lagi Pasar Cina Town Siak," kata Bupati Siak yang sedang cuti ini.

Kedatangan Syamsuar ke China Town, sempat hujan. Ia menuturkan, musibah kebakaran ini terjadi disaat, warga Tionghoa merayakan hari Imlek. Kebakaran yang melanda kawasan Cina Town, Kecamatan Siak, adalah duka cita negeri ini. (dwr)
 

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY