Dua Ekor Elang Laut Diserahkan Kajari Rohil ke BBKSDA Riau

Kamis,22 Februari 2018 | 10:55:37 WIB
Dua Ekor Elang Laut Diserahkan  Kajari Rohil ke BBKSDA Riau
Ket Foto : Dua ekor elang laut dalam sangkar/Foto : ist.

BAGANSIAPIAPI, jurnalmetronews.com - Kepala Kejaksaan Negeri Rokan Hilir, Bima Suprayoga menyerahkan satwa langka berupa dua ekor elang laut kepada Balai Besar Sumber Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Selasa (21/2/2018).

Dua ekor elang laut dengan nama latin Haliastur Indus diterima Kepala Bidang KSDA Wilayah II, Heru Sutmantoro.

Dikatakan Kasubbag Humas BBKSDA Riau, Dian Indiarti kedua ekor elang laut ini merupakan koleksi sangkar burung Kantor Kejari Rohil.

Sebelumnya, dua ekor elang laut diserahkan masyarakat kepada Kejari Rohil dan dijadikan koleksi. "Elang termasuk satwa yang dilindungi dan tidak boleh dipelihara menurut Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Tumbuhan dan Satwa Liar," kata Dian Indiarti, Kamis (22/2/2018).

Setelah mengetahui bahwa jenis elang termasuk salah satu hewan yang dilindungi, maka akhirnya Kejari Rohil memutuskan untuk menyerahkan satwa tersebut.

BBKSDA Riau sangat mengapresiasi dan memberikan penghargaan atas kesadaran Kajari turut serta dalam upaya konservasi satwa liar yang  dilindungi.

"Kami menghimbau kepada para pejabat publik dan masyarakat yang memiliki satwa liar yang tidak boleh dipelihara agar dapat melaporkan kepada Balai Besar KSDA Riau," ucapnya.

Untuk selanjutnya, elang laut tersebut akan dilakukan pemeriksaan kesehatan dan melakukan observasi untuk mengetahui tingkat kejinakan hewan tersebut.(dwr)

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY