Benahi Sistem Pelaporan Keuangan

Personil Bakamla RI Dibekali Bimtek Aplikasi SAS

Sabtu,24 Februari 2018 | 12:46:15 WIB
Personil Bakamla RI Dibekali Bimtek Aplikasi SAS
Ket Foto : Kegiatan Bimtek SAS Tahun 2018 di salah satu hotel di Senen, Jakarta Pusat, Jumat (24/2/2018).

JAKARTA, jurnalmetronews.com- Guna meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan pegawai dalam melaksanakan system pelaporan keuangan yang sistematis dan akuntabel, Bakamla RI menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Aplikasi Satker (SAS) tahun 2018 di salah satu hotel di Senen, Jakarta Pusat, Jumat (23/2/2018).

Acara dibuka Kepala Bagian Keuangan Bakamla RI Kolonel Laut (S) Anton Herspic, dan diikuti 19 orang peserta yang sehari-hari bertugas sebagai Admin PPK dan staf Bagian Keuangan.

Dalam sambutannya Kolonel Anton mengatakan, Bimtek ini bukan sekedar untuk melaksanakan program yang telah direncanakan, namun lebih dimaksudkan untuk memberikan pemahaman dan meningkatkan keterampilan para admin PPK dan Staf Bagian Keuangan Bakamla RI agar mampu dan terampil dalam melaksanakan tugasnya sehingga tujuan yang ingin dicapai Bakamla RI dalam hal kelancaran pelaksanaan daya serap anggaran TA 2018 dapat terlaksana dengan baik. 

Ditekankannya pula agar seluruh peserta serius dan fokus mengikuti bimtek, karena para admin berperan sebagai motor penggerak kemajuan pelaksanaan daya serap anggaran Bakamla RI. 

Untuk itu, lanjutnya, manfaatkan Bimtek ini semaksimal mungkin serta bangun komunikasi dan koordinasi yang lebih intensif setelah kegiatan ini, baik melalui whatshap, sms maupun email. 

Pada akhir sambutannya Kolonel Anton mengharapkan peserta tidak hanya hanya mendapatkan pembekalan sebagai operator aplikasi SAS 2018, tapi juga pemahaman tentang BAS (Badan Akun Standart), pemahaman tentang pembebanan anggaran dan informasi perkembangan pelaksanaan Kartu Kredit Pemerintah.

Kegiatan ini mengundang Pengajar dari KPPN Jakarta, yaitu pelaksana pada seksi MSKI (manajeman satker dan kepatuhan internal) Tyo Widayanto yang memberikan materi tentang simulasi dan penjelasan Aplikasi SAS 2018 mencakup proses instalasi awal, persiapan referensi maupun restore database yang cukup memudahkan operator SAS 2018 dilanjutkan dengan pembahasan modul admin PPK dan PPSPM pada Aplikasi SAS 2018.

Pengajar kedua yaitu pelaksana pada Seksi Pencairan Dana Eko Handoyo yang menjelaskan perihal pencairan SPM (surat perintah membayar), supplier bendahara, pegawai dan kontraktual pihak ketiga.

Selain pengayaan pengetahuan dan wawasan melalui pemberian materi, personel juga dibekali dengan sesi simulasi dan praktek untuk meningkatkan ketrampilan dan mempercepat proses pembelajaran.(rls/dwr)
 

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY