BPKP Provinsi Riau Nyatakan tak Pernah Audit Embung Tenayan Raya

Rabu,28 Februari 2018 | 17:52:13 WIB
BPKP Provinsi Riau Nyatakan tak Pernah Audit Embung Tenayan Raya
Ket Foto : Proyek Embung di lingkup Perkantoran Pemko Pekanbaru/Foto : jurnalmetronews.com.

PEKANBARU, jurnalmetronews.com - Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Provinsi Riau menyatakan tak pernah melakukan pengawasan berupa audit proyek Embung di lingkup Perkantoran Pemerintah Kota Pekanbaru.

Hal itu disampaikan Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Riau, Dikdik Sadikin melalui surat yang disampaikannya kepada jurnalmetronews.com, Rabu (28/2/2018).  

Seperti diketahui, proyek Embung di Perkantoran Pemerintah Kota Pekanbaru, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru, Provinsi Riau baru saja selesai dibangun dengan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun 2017.

Namun, kondisi di lapangan, terdapat ada yang retak. Dari hasil penelusuran di lapangan, keretakan bangunan senilai Rp6,5 miliar yang dikerjakan PT Tarum Jaya Mandiri itu terdapat di tiang (sheet pile), dimana di sela-sela tiang tersebut terdapat ada yang retak.

Tanah timbun juga menumpuk di sekitar tiang tersebut. Tak jauh dari sheet pile, terdapat batako yang dalam kondisi renggang dan ada yang pecah. 

Begitu naik ke atas bangunan embung, terdapat akses jalan semenisasi. Di sekitar jalan tersebut, ditumbuhi rumput yang ditanam untuk menambah keindahan taman di atas bangunan embung. Namun, akses jalan tersebut ternyata ada yang retak di beberapa sisi. 

Penambalan terhadap keretakan tersebut diduga tak menutup dengan sempurna, sedangkan di sekitar rumput terdapat rongga atau lubang kecil yang terlihat di sela-sela sudut bangunan.

Pihak Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) III Provinsi Riau saat dikonfirmasi tak memberikan jawaban. Padahal, surat konfirmasi tertulis sudah disampaikan, sejak Senin (12/2/2018). 

Ketika ditanyakan perihal surat konfirmasi tertulis ke BWSS III Kementerian PUPR Provinsi Riau, Rabu (14/2/2018), salah seorang staff Bagian Umum, BWSS III, Adi mengatakan sudah menerimanya."Sudah turun suratnya. Sudah disampaikan ke Bagian Embung," kata Adi.

Ketika ditanyakan kepada siapa surat itu diberikan di Bagian Embung di BWSS III Provinsi Riau. Staf Bagian Umum BWSS III itu mengatakan surat diberikan ke staf di Bagian Embung. "Kita berikan ke stafnya," kata Adi tanpa menyebutkan namanya. (dwr)

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY