LABHR dan KBHR Gelar Pelatihan Paralegal di Bunga Raya

Minggu,04 Maret 2018 | 13:56:21 WIB
LABHR dan KBHR Gelar Pelatihan Paralegal di Bunga Raya
Ket Foto : Para pemateri dari LABHR dan KBHR foto bersama usai pelatihan Paralegal, Jumat (2/3/2018).

SIAK, jurnalmetronews.com - Lembaga Advokasi dan Bantuan Hukum Riau serta Kantor Bantuan Hukum Riau menggelar pelatihan Paralegal di Kecamatan Bunga Raya, Jumat (2/3/2018).

Pelatihan para legal dengan tema 'Bersama para Legal Perjuangkan Hak-hak masyarakat dan Tegakkan Keadilan' diikuti 22 peserta yang terdiri dari Sekretaris Desa (Sekdes), tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda di Aula Kantor Camat Bunga Raya. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Camat Bunga Raya, Hendi Derhavin.

Camat Bunga Raya menyampaikan ucapan terima kasih, karena telah menyelenggarakan pelatihan para legal. Pelatihan para legal ini penting, apalagi bagi aparatur Desa, sehingga mereka dapat memperjuangkan hak-hak masyarakat di wilayahnya. 

Camat berpesan kepada para Sekdes, tokoh masyarakat dan pemuda agar mengikuti pelatihan ini dengan sebaik-baiknya. Selain itu, Camat meminta kepada peserta agar menanyakan hal-hal terkait dengan persoalan yang dihadapi di desa masing-masing kepada para pemateri yang hadir dari Pekanbaru. "Tanyakan ke Bapak-bapak ini," kata Camat. 

Penanggung jawab program pelatihan para legal, Ali Husin Nasution, SH mengatakan, pelatihan para legal ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan, berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan Ham RI Nomor 1 Tahun 2018 tentang Para Legal dan Pemberian Bantuan Hukum serta Undang-undang Nomor 16 Tahun 2011 tentang Bantuan Hukum. 

Ali mengharapkan, setelah mendapatkan pelatihan para legal, peserta pelatihan yang terdiri dari 22 orang dapat memperjuangkan hak-hak masyarakat yang berada di wilayahnya masing-masing. 

Materi pelatihan para legal ini, terdiri dari Cagar Biosfer Giam Siak Kecil Bukit Batu (GSK-BB) yang disampaikan oleh pemateri Edwar Pasaribu, SH, Hukum Acara Perdata yang disampaikan pemateri, Ali Husin Nasution, SH, Hukum Acara Pidana yang disampaikan oleh pemateri Sugiharto, SH, Hukum Acara TUN disampaikan oleh pemateri Syamsurizal SH, dan Hukum Acara Peradilan Agama disampaikan oleh Ali Raja Nasution SH.

Usai penyampaian materi, kemudian para peserta antusias menyampaikan pertanyaan-pertanyaan dan solusinya. (dwr)

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY