DLHK Pekanbaru Uji Emisi Kendaraan Roda Empat

Kamis,08 Maret 2018 | 13:19:03 WIB
DLHK Pekanbaru Uji Emisi Kendaraan Roda Empat
Ket Foto : Petugas DLHK Kota Pekanbaru sedang melakukan uji emisi terhadap truk yang melintas di Jalan Cut Nyak Dien, Pekanbaru, Riau, Kamis (8/3/2018).

PEKANBARU, jurnalmetronews.com- Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Pekanbaru, melakukan uji emisi kepada kendaraan roda empat di samping Perpustakaan Riau, Jalan Cut Nyak Dien, Pekanbaru, Riau, Kamis (8/3/2018).

Dikatakan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru, Zulfikri, tujuan uji emisi adalah untuk mengurangi pencemaran udara di Kota Pekanbaru. 

"Setiap kendaraan roda empat diwajibkan untuk melakukan uji emisi terhadap kendaraannya, karena apabila tak lolos uji emisi maka dianggap menjadi bagian kontribusi pencemaran udara di Pekanbaru," kata Zulfikri kepada wartawan.

Hal ini ini untuk meminimalisir polusi udara, karena jelas cukup berbahaya untuk kesehatan apalagi bagi anak-anak yang rentan terhadap penyakit yang diakibatkan dari asap kendaraan. 

Lolos atau tidaknya uji emisi terhadap kendaraan roda empat, tentu ada kriterianya. Bagi mobil yang lolos uji emisi akan diberikan stiker, sedangkan yang tidak, silahkan membawa kendaraannya untuk diperbaiki di bengkel.

"Jika tidak dilakukan uji emisi maka tidak menutup kemungkinan Pekanbaru menjadi salah satu kota penyumbang gas emisi tertinggi. Sejauh ini Pekanbaru masih di bawah ambang batas," ulas Zulfikri.

Uji emisi kendaraan roda empat ini, dilaksanakan bekerja sama dengan pihak Kepolisian dan Dishub. 

Hal itu karena dalam Undang-undang, kendaraan yang menyumbang pencemaran udara bisa ditindak. Ke depannya, Kadis DLHK mengharapkan agar Kepolisian menggelar ‎razia. "Itu yang kita ingin terapkan ke depan," katanya.

Kegiatan ini juga diselenggarakan dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional pada 21 Februari hingga 21 April mendatang. "Tiga bulan bebas sampah," ujar Kadis DLHK yang disapa dengan panggilan Zul.

Sembari menguji emisi, DLHK Kota Pekanbaru juga melihat keberadaan wadah sampah di Pekanbaru. Untuk melihat kepedulian dari pemilik kendaraan, karena masih banyak di antara mereka yang seenaknya membuang sampah ke jalan seperti puntung rokok, bungkus permen dan lainnya. 

"Kalau seratus orang melakukan itu, tentu sampah akan banyak, makanya kita imbau kepada masyarakat untuk menyediakan tempat sampah," imbaunya. (dwr)

 

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY