Hasil Penindakan KPPBC Pekanbaru

Barang Senilai Rp1,7 Miliar Ludes Dilalap Api

Selasa,08 Mei 2018 | 11:53:49 WIB
Barang Senilai Rp1,7 Miliar Ludes Dilalap Api
Ket Foto : Pemusnahan barang hasil penindakan KPPBC Pekanbaru senilai Rp1,7 miliar

PEKANBARU, jurnalmetronews.com- Barang-barang senilai Rp1,7 miliar lebih ludes dilalap api. Barang-barang hasil penindakan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Pabean B Pekanbaru dimusnahkan di Lapangan Dinas Pemadam Kebakaran, Jalan Budi Luhur, Kecamatan Tenayan Raya, Selasa (8/5/2018).

Kepala Kantor Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean B Pekanbaru, Prijo Andono mengatakan barang yang dimusnahkan dengan cara dibakar merupakan hasil penindakan atas pelanggaran tindak pidana di bidang kepabeanan cukai tahun 2016 hingga 2017.

Barang yang dimusnahkan berasal dari hasil penindakan di berbagai tempat, seperti barang kiriman luar negeri di Kantor Pos Indonesia, kargo, pelabuhan, maupun di berbagai daerah lain di bawah pengawasan KPPBC Tipe Madya Pabean B Pekanbaru.

Barang yang ditegah, yakni 378.594 atau 6.057.508 barang hasil tembakau berupa rokok, 797 karung pakaian bekas, 50 karton tusuk gigi, 118 unit alat peraga kesehatan, 15 paket alat kesehatan dan obat-obatan, 1 kemasan spare part, 1 kemasan liquid nos, 25 kemasan Lhbricating Non DG, 6 kemasan Ship Spare, 10 kemasan kurma, 2 bilah pedang, 1 unit alat metal detector, 10 kemasan mie, 1 kemasan bubuk teh hijau, dan 2 kemasan minuman.

Diperkirakan barang yang dimusnahkan sebesar Rp1.775.002.000 dengan potensi kerugian penerimaan negara sebesar Rp1.925.945.200 dan kerugian kepabeanan sebeaar Rp54.894.000.

"Sebagian besar pelanggaran yang dilakukan adalah di bidang cukai, khususnya pada obyek cukai hasil tembakau berupa rokok, seperti pelekatan pita cukai palsu, pelekatan pita cukai bekas, pelekatan pita cukai yang bukan peruntukannya dan rokok tanpa pita cukai. Rata-rata barang tersebut dari Batam, Kepulauan Riau," kata Prijo kepada wartawan.

Ke depan, Kepala KPBBC Tipe Madya Pabean B Pekanbaru berencana meminta bantuan Dinas Sosial (Dissos) untuk menyalurkan barang yang masih bisa dimanfaatkan.

"Ada beberapa barang yang bisa dimanfaatkan selain dimusnahkan, seperti tilam," tutupnya. 

Setelah menyampaikan, kata sambutannya, Kepala KPPBC Tipe Madya Pabean B Pekanbaru, Prijo Andono didampingi Kepala Bagian Umum DJBC Riau-Sumbar, Alamsyah serta unsur pimpinan di kecamatan melakukan pemusnahan dengan cara membakar. (war)

 

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY