Lelo Meletus di Acara Adat Raja Gunung Sahilan, Satu Orang Tewas

Rabu,09 Mei 2018 | 19:54:18 WIB
Lelo Meletus di Acara Adat Raja Gunung Sahilan, Satu Orang Tewas
Ket Foto :

PEKANBARU, jurnalmetronews.com- Lima warga terluka saat menghadiri acara adat penyambutan Raja Gunung Sahilan di Desa Gunung Sahilan, Kecamatan Gunung Sahilan, Kampar, Riau, Rabu (9/5/2018) pagi.

Kelima warga menjadi korban terkena serpihan letusan meriam atau dikenal dengan lelo di daerah tersebut.

Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Riau, AKBP Sunarto, membenarkan peristiwa tersebut. Dari lima warga, satu dinyatakan meninggal dunia. "Satu meninggal dunia, tiga luka berat dan satu luka ringan," kata Kabid Humas Polda Riau.

Korban yang meninggal dunia diketahui bernama Ikram (38). Ia merupakan warga Lipat Kain. Adapun tiga orang yang mengalami luka berat yaitu Sumanto Rebo, (58) warga Desa Gunung Sahilan, Rapika Alni (16) warga Desa Subarak dan Aisyah (12) warga Desa Kebun Durian, sedangkan yang mengalami luka ringan ialah Sarimah, (51) warga Desa Lipat Kain Utara.

Kejadian itu terjadi pada peringatan satu tahun Raja Gunung Sahilan, HMT Nizar Yang Dipertuan Agung. Rencananya, kegiatan ini bakal dihadiri oleh Ustaz Abdul Somad (UAS). Namun setelah ditunggu, UAS berhalangan hadir. "Acara ini dihadiri ribuan warga. Saat rombongan raja memasuki gerbang istana, seorang petugas meriam pun membunyikan meriam," katanya.

Namun, meriam tradisional dengan panjang satu meter dan diameter berukuran tujuh centimeter, badan meriam terbuat dari logam itupun pecah.

Saat ini, keempat korban itu tengah menjalani perawatan medis di Instalasi Gawat Darurat (IGD) di rumah sakit.

Sebelumnya, sempat beredar video berdurasi 1 menit 38 detik yang menampilkan beberapa orang warga digotong oleh petugas menggunakan tandu. Warga itu tampak bersimbah darah dan mengalami luka yang cukup parah. (ir)

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY