RTRWP Riau Diundangkan, Dedet : Tak Ada Alasan Investasi Terhambat

Jumat,11 Mei 2018 | 19:41:44 WIB
RTRWP Riau Diundangkan, Dedet : Tak Ada Alasan Investasi Terhambat
Ket Foto : Wakil Ketua DPRD Riau, Noviwaldy Jusman/Foto : int

PEKANBARU, jurnalmetronews.com- Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau, Noviwaldy Jusman mengatakan, setelah Rencana Tata Ruang Wilayah Riau diundangkan, maka tak ada lagi investasi yang terhambat.

Selama ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mengklaim ada puluhan triliun investasi yang terhambat karena belum ada Peraturan Daerah (Perda) Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW).

"Saat ditagih soal investasi, Pemprov jangan lagi beralasan sedikit-sedikit karena RTRW investasi di Riau terhambat," kata pria yang akrab dipanggil Dedet ini, Jumat (11/5/2018).

Dedet melanjutkan, Pemprov harus membuktikan ada banyak investasi yang akan masuk ke Riau, setelah RTRW ini masuk dalam lembar daerah. "Nah, kita lihatlah, apakah benar Pemprov bisa menarik investasi yang banyak ke Riau ini. Kalau sedikit cuma yang masuk, jangan salahkan RTRW," ujarnya.

Sebelumnya, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Riau mengatakan ada Rp53 triliun investasi terhambat. Kala itu, investasi ini menunggu disahkannya RTRW Riau. "Totalnya sekitar Rp53,9 triliun. On Progres semuanya," kata Kepala DPMPTSP Riau, Evarefita.

Ia mengatakan, pergerakan investasi betul-betul bisa berjalan maksimal, setelah RTRW Riau rampung dan diundangkan. Dipastikan sebulan atau dua bulan pasca RTRW selesai maka angka investasi daerah akan naik.

Darinya diketahui bahwa investasi yang tertunda itu terdiri dari Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sebesar Rp42,1 triliun dari 160 perusahaan dan Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar Rp11,7 triliun dari total 171 perusahaan."Makanya kalau ditotalkan sekitar Rp53 triliun lebih. Kalau nilai kerugian yang dihitung berdasarkan pergerakan perekonomian dan multi efeknya, mungkin bisa mencapai Rp100 triliun lebih," katanya.

Ia menambahkan, rata-rata perusahaan yang ingin berinvestasi terkendala mengurus perizinan prinsip dengan pemanfaatan ruang. Inilah yang selalu terkendala karena RTRW.


Sumber: bertuahpos

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY