Tiba di Surabaya, Jokowi Tinjau Korban Ledakan Bom

Minggu,13 Mei 2018 | 15:13:00 WIB
Tiba di Surabaya, Jokowi Tinjau Korban Ledakan Bom
Ket Foto : Presiden RI, Joko Widodo/Foto : merdeka/int.

SURABAYA, jurnalmetronews.com- Presiden Joko Widodo (Jokowi) membatalkan dua agenda yang sebelumnya direncanakan. Dia tiba di Surabaya untuk meninjau korban ledakan bom yang terjadi di beberapa gereja. 

Jokowi terbang menggunakan pesawat kepresidenan dari Bandara Halim Perdanakusuma sekitar pukul 13.30 WIB. Selain Jokowi tampak dalam rombongan keberangkatan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahyanto.

Pesawat Kepresidenan tiba di Bandara Djuanda, Surabaya, sekitar pukul 14.30 WIB. Datang menyambut kedatangan Gubernur Jawa Timur, dan Kepala BIN Komjen Budi Gunawan. 

Jokowi dan rombongan direncanakan langsung menuju salah satu rumah sakit untuk meninjau korban. Namun belum dapat dipastikan rumah sakit mana yang didatangi.

Seperti diketahui, ledakan bom terjadi di tiga gereja di Surabaya yang menewaskan 11 orang. Adapun lokasi pertama terjadi di Gereja Katolik Santa Maria Tak Bercela, Jalan Ngagel Madya Utara. 

Kedua, Gereja Kristen Indonesia, Jalan Diponegoro 146. Selanjutnya, ledakan juga terjadi di Gerejakosta Pusat Surabaya (GPPS), Jalan Arjuna Surabaya.

Ketua Persekutuan Gereja-gereja dan Lembaga-lembaga Injili Indonesia (PGLII) pusat Pendeta Ronny Mandang mengungkapkan, sebanyak 25 gereja di Surabaya menjadi sasaran serangan para teroris. Namun demikian, kata dia, hanya tiga gereja di Surabaya yang diledakan para teroris pada Minggu (13/5/2018).

Ronny mengaku mendapat data tersebut dari sumber yang terpercaya. Meski demikian Ronny enggan menyebutkan nama sumber yang memberinya informasi terkait 25 gereja di Surabaya yang menjadi sasaran teroris tersebut.

"Data yang kami peroleh ada 25 gereja di Surabaya yang menjadi targetnya (serangan teroris). Infonya kami dapat dari sumber yang kami percaya. Kami sudah memberikan instruksi semua gereja tanpa pandang alirannya untuk berhati-hati," ujar Ronny saat meninjau salah satu lokasi ledakan di Gereja Kristen Indonesia (GKI) Jalan Diponegoro nomor 146, Tegal Sari, Surabaya. 

 

Sumber: republika.co.id

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY