LSI: Tiga Nama Layak jadi Cawapres Jokowi

Selasa,15 Mei 2018 | 01:18:32 WIB
LSI: Tiga Nama Layak jadi Cawapres Jokowi
Ket Foto : Foto : ilustrasi/peluangbisnis/int.

JAKARTA, jurnalmetronews.com- Berdasarkan hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, ada tiga nama yang meraih indeks tertinggi dalam hal kelayakan sebagai cawapres mendampingi Jokowi.

Peneliti Senior LSI Adjie Farabie mengatakan, tiga nama tersebut adalah Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Gubernur NTB Tuan Guru Bajang. Menurutnya, bagi calon pejawat yang memilih cawapres maka elektabilitas bukan pertimbangan utama.

"Contohnya kasus Boediono dalam Pemilu Presiden 2019. Boediono dipilih SBY sebagai cawapres walau dari sisi elektabilitas, saat itu posisi Boediono sangat rendah," kata Adjie dalam pemaparan survei di Jakarta, Senin (14/5/2018).

Menurut Adjie, untuk cawapres Jokowi, dibagi ke dalam tiga latar belakang. Jika latar belakangnya partai politik, Airlangga berada di rangking satu. Airlangga diikuti oleh Budi Gunawan dan Puan Maharani dari PDIP.

Jika latar belakang militer, Moeldoko mendapatkan skor tertinggi diikuti oleh Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan Gatot Nurmantyo. Jika latar belakang tokoh Islam, skor tertinggi diraih TGB Zainul Majdi, serta diikuti Ketum PKB Muhaimin Iskandar dan Ketum PPP Muhammad Romahurmuziy.

Jika capresnya Prabowo, skor indeks kelayakan wapres tertinggi adalah Gubernur Jabar Ahmad Heryawan alias Aher, Muhaimin Iskandar, TGB Zainul Majdi. Jika Gatot Nurmantyo yang menjadi capres, indeks skor kelayakan cawapres tertinggi adalah Muhaimin Iskandar, diikuti AHY dan Aher.


Sumber: republika.co.id

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY