Potongan Tubuh Beruang Madu Dibakar Lalu Dikubur

Jumat,18 Mei 2018 | 23:03:54 WIB
Potongan Tubuh Beruang Madu Dibakar  Lalu Dikubur
Ket Foto : Pemusnahan potongan tubuh Beruang Madu dilakukan oleh Balai Gakkum KLHK Wilayah II Sumatera.

PEKANBARU, jurnalmetronews.com- Beberapa potongan tubuh Beruang Madu hasil perburuan warga di Kecamatan Tempuling, Indragiri Hilir, Riau dimusnahkan, Jumat (18/5/2018).

Pemusnahan potongan tubuh Beruang Madu tersebut dilakukan oleh Balai Penegakan Hukum (Gakkum) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Wilayah II Sumatera dibakar, setelah itu dikubur dalam tanah.

Potongan tubuh hewan dengan nama latin Helarctos Malayanus yang dimusnahkan, terdiri dari daging, kulit serta tulang beruang.

Dikatakan Kepala Seksi (Kasi) Gakkum KLHK Wilayah II Sumatera, Eduwar Hutapea, dalam kasus perburuan hewan dilindungi ini, telah ditetapkan empat orang sebagai tersangka.

Mereka ialah Zulkifli (39), Gantisori Sihombing (34), Junus Sinaga (51), dan Fransiskus Butar (33). Keempatnya adalah warga Kecamatan Tempuling, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil). 

"Sekarang mereka ditahan oleh penyidik di Mapolda Riau," kata Eduwar Hutapea.

Dalam waktu dekat, para tersangka akan menjalani persidangan. Berkasnya sudah di tangan jaksa. Tahap II atau penyerahan barang bukti dan tersangka, segera dilakukan.

Jika tahap II selesai, maka para tersangka dihadapkan ke persidangan. "Mudah-mudahan dalam waktu dekat dapat disidang," terangnya.

Pemusnahan ini dihadiri para pihak Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau, Polda Riau, Pengadilan Negeri Pekanbaru, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, dan Balai Gakkum sendiri.

Sebelumnya, empat orang tersangka penjerat dan pembunuh beruang madu di Indragiri Hilir, diketahui ikut mengonsumsi hewan yang dilindungi tersebut. Tak tanggung-tanggung, mereka bahkan memasaknya menjadi rendang.

Para tersangka terancam hukuman lima tahun penjara. Perbuatan mereka bertentangan dengan Undang-undang Nomor 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.(ir)

 

 

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY