HUT ke 234 Pekanbaru Hari Terakhir Ayat sebagai Plt Wako

Sabtu,23 Juni 2018 | 19:35:27 WIB
HUT ke 234 Pekanbaru Hari Terakhir Ayat sebagai Plt Wako
Ket Foto : Paripurna Istimewa HUT ke 234 Kota Pekanbaru.

PEKANBARU, jurnalmetronews.com- DPRD Kota Pekanbaru menggelar paripurna istimewa hari jadi ke-234 Pekanbaru di Gedung DPRD Kota Pekanbaru, Sabtu (23/6/2018). 

Hari itu juga merupakan terakhir masa jabatan Ayat Cahyadi sebagai Pelaksana Tugas Walikota Pekanbaru. 

Ayat menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat Pekanbaru dan Aparatur Sipil Negara (ASN), selama ia memimpin. 

Dalam sambutannya, Plt Wako mengatakan, Pekanbaru mengalami kemajuan pesat. Sebagaimana visi  Pekanbaru berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 Tahun 2001 untuk mewujudkan Kota Pekanbaru sebagai pusat perdagangan dan jasa. Pusat pendidikan dan kebudayaan Melayu.

Pada masa Walikota Pekanbaru masa bakti Tahun 2012-2017 menetapkan Perda Nomor 9 Tahun 2012 untuk mewujudkan pembangunan Pekanbaru sebagai kota metropolitan yang madani. 

Disampaikan Ayat, apa yang telah dicapai lebih baik dari sebelumnya. Melalui 5 strategi pembangunan, yaitu Pertama, penggunaan ruang wilayah yang efektif dan efisien, karena Pekanbaru memiliki keterbatasan wilayah.

Kedua, pembangunan dan penyediaan infrastruktur dasar meliputi jaringan jalan, air, listrik, dan telekomunikasi, selanjutnya ketiga adalah melalui smart city dan livable city. Artinya, membangun kota pintar, yang layak hidup, dan kota ramah pada lingkungan, keempat,menggalang kerja sama Pekanbaru, Siak, Kampar, dan Pelalawan (Pekan Sikawan), karena Pekanbaru menjadi kota induk berada di tengah tiga kabupaten yang berbatasan langsung.

Terakhir adalah pemberdayaan kepada masyarakat dengan membangun masyarakat Pekanbaru menjadi mandiri, tangguh, dan memiliki daya saing yang tinggi.

Keberhasilan tersebut merupakan keberhasilan keluarga Pemerintah Kota Pekanbaru. Hal itu dapat dilihat dari indikator indeks pembangunan manusia, angka usia harapan hidup, dan angka ratarata anak sekolah.

Indeks pembangunan manusia, ujar Ayat, dapat dilihat dari indeks kesehatan Kota Pekanbaru pada tahun 2015 mencapai 79,32. Angka ini tertinggi di Riau, bahkan dari kota lainnya di Indonesia.

Ini mendandakan Pekanbaru jauh lebih sehat dan sejahtera. Begitu juga dengan kemajuan di bidang pendidikan yang semakin meningkat. Pemko telah membangun sebanyak 392 ruang kelas baru (RKB).

Selain itu, juga memberikan kesempatan kepada peserta didik yang kurang mampu untuk memperoleh bantuan yang telah disasar kepada 54. 905 peserta didik. 

Paripurna istimewa HUT ke 234 Kota Pekanbaru turut dihadiri Plt Gubri, Asisten I Setdaprov Riau Ahmadsyah Harrofie dan unsur forkopimda. (dwr)

 

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY