KY Gelar Diskusi Publik

Ini Dia 12 Perbuatan yang Dapat Merendahkan Kehormatan dan Martabat Hakim

Kamis,12 Juli 2018 | 22:16:30 WIB
Ini Dia 12 Perbuatan yang Dapat Merendahkan Kehormatan dan Martabat Hakim
Ket Foto : Diskusi publik yang diselenggarakan KY RI, Kamis (12/7/2018).

PEKANBARU, jurnalmetronews.com- Komisi Yudisial Republik Indonesia menggelar diskusi publik di Pekanbaru, Riau, Kamis (12/7/2018).

Dari diskusi tersebut, perlu diketahui 12 perbuatan yang dapat merendahkan kehormatan dan martabat hakim di Pengadilan.

Hal itu disampaikan Ketua Hubungan antar Lembaga dan Layanan Informasi Komisi Yudisial (KY), Farid Wajdi saat diskusi publik di salah satu hotel di Pekanbaru, Kamis (12/7/2018).

Diskusi publik bertemakan "Perbuatan merendahkan kehormatan dan keluhuran martabat hakim dan upaya penegakan hukumnya" tersebut dihadiri aktivis dan awak media di Pekanbaru.

Ada 4 narasumber yang hadir, yakni DR Farid Wajdi (Ketua Hubungan antar Lembaga dan Layanan Informasi KY RI), AKBP Hardian Pratama (Kasubdit I Ditreskrimum Polda Riau), DR Firdaus (Dekan Fakultas Hukum Universitas Riau), dan Hakim di Pengadilan Tinggi (PT) Pekanbaru, Sutiyono.

Ketua Hubungan antar Lembaga dan Layanan Informasi KY RI, DR Farid mengatakan, perbuatan yang dapat merendahkan kehormatan dan martabat hakim, seperti membuat keonaran dan kegaduhan di dalam persidangan, menghalangi putusan hakim yang telah berkekuatan hukum tetap, demonstrasi berlebihan, perbuatan teror atau ancaman, kekerasan fisik, penyanderaan, mengabaikan putusan hakim yang telah berkekuatan hukum tetap, berpakaian tidak sopan dalam persidangan, berperilaku tak sopan dalam ruang sidang, pencemaran nama baik, membuat komentar secara berlebihan, dan perusakan sarana prasarana di pengadilan.


Diskusi berlangsung sejak pukul 09.00 WIB hingga siang. (dwr)

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY