Berbagai Ormas Tolak Deklarasi #2019GantiPresiden, Datuk Dubalang Suku Domo Tapung Geram

Jumat,24 Agustus 2018 | 21:04:18 WIB
Berbagai Ormas Tolak Deklarasi #2019GantiPresiden, Datuk Dubalang Suku Domo Tapung Geram
Ket Foto : Datuk Dubalang Suku Domo Tapung, Amir Hamzah, SH.

PEKANBARU, jurnalmetronews.com- Penolakan dari berbagai Ormas terhadap Deklarasi #2019 ganti presiden yang akan diselenggarakan pada Minggu (26/8/2018) membuat geram Datuk Dubalang Suku Domo Tapung, Amir Hamzah, SH yang rencananya juga akan mengikuti acara tersebut.

Amir Hamzah, SH yang juga sekaligus Ketua Keluarga Besar Sungai Tapung (KBST) ini menyebutkan deklarasi tersebut adalah bentuk penyampaian aspirasi dan bukan aksi kampanye.

"Sudah jelas itu salah satu bentuk cara dalam menyampaikan aspirasi, kita bukan berkampanye, lagian sejak kapan menyampaikan aspirasi itu dianggap melanggar hukum?!," ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilindungi undang-undang, sebagaimana UU Nomor 9 Tahun 1998, bahkan pada Pasal 13 Ayat (2) Polri bertanggung jawab memberikan perlindungan keamanan terhadap pelaku atau peserta penyampaian pendapat dimuka umum.

Amir Hamzah, SH juga menambahkan, justru yang menghalangi deklarasi itulah yang layak disebut sebagai pelanggar hukum.

"Justru mereka yang menolak deklarasi itulah yang bisa disebut melanggar hukum, karna sudah menghalang-halangi masyarakat menyampaikan aspirasi yang jelas-jelas dilindungi oleh undang-undang, sebagaimana UU Nomor 9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum," tambahnya. (raf)

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY