Jarak Pandang 1.500 Meter Pagi Hari

Kabut Asap Ganggu Penerbangan

Senin,27 Juli 2015 | 17:14:29 WIB
Kabut Asap Ganggu Penerbangan
Ket Foto : Kabid Udara Dishub Provinsi Riau, Eddy Sukiatnadi

PEKANBARU (jurnalmetronews.com)- Kabut asap yang menyelimuti Bandara Sultan Syarif Kasim Pekanbaru mengganggu penerbangan. Jarak pandang hanya berkisar 1.500 meter pada pukul 06.00 WIB.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Udara, Dinas Perhubungan (Dishub) Riau, Eddy Sukiatnadi kepada jurnalmetronews.com, Senin (27/7/2015). "Memang kabut asap cukup mengganggu," ungkap Eddy.

Akan tetapi, jarak pandang terus semakin membaik hingga 2.000 meter pada pukul 07.00 WIB. Dengan demikian, empat pesawat dapat landing dan 2 pesawat dapat take off pada pukul 07.15 WIB. Empat pesawat yang landing, yakni 2 penerbangan City Link, Garuda Indonesia dan Lion Air, sedangkan 2 pesawat yang take off, Garuda Indonesia dan Lion Air.

Petugas Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) Kota Pekanbaru, ujar Eddy, hanya menginformasikan kondisi cuaca. Saat pesawat take off atau landing, hal itu murni keputusan pilot pesawat. Biasanya, pilot punya perhitungan sendiri. Apabila dirasakan kondisi cuaca tak memungkinkan melakukan take off atau landing pesawat, maka pilot tidak berani mengambil resiko membahayakan keselamatan penerbangan.

"Kita berharap kondisi udara terus membaik, sehingga tidak mengganggu pada penerbangan. Hingga pukul 11.00 WIB, informasi yang diterima dari petugas Bandara SSK, jarak pandang sudah mencapai 5 kilometer," ucap Kabid Udara, Dishub Riau. (sor)

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY