Panen Raya Kelompok Tani

Kordias : Petani Harus Kreatif

Kamis,30 Juli 2015 | 18:55:31 WIB
Kordias : Petani Harus Kreatif
Ket Foto : Ketua DPD PDI-P Riau, Kordias Pasaribu

PEKANBARU (jurnalmetronews.com)- Kelompok Tani Mulia Sejahtera Kelurahan Tangkerang Labuai, Kecamatan Bukit Raya melakukan panen, Rabu (29/7/2015). Dalam kesempatan itu, Ketua Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Kordias Pasaribu mengingatkan agar petani harus kreatif.

Kelompok tani yang terbentuk sejak tahun 2011 ini, bercocok tanam di lahan seluas 2,5 hektare. Para kelompok tani ini menanami lahan tersebut dengan tanaman produktif berupa kacang-kacangan, umbi-umbian, pisang serta sayur-sayuran.

Kelompok tani ini dibina langsung Hotman Sitompul yang juga merupakan anggota DPRD Pekanbaru. Keanggotaannya berjumlah 10 orang dari berbagai macam profesi dan latar belakang.

Salah satu anggota kelompok tani, Kasirin mengatakan, hasil panen kali ini kurang berhasil, karena musim kemarau yang berkepanjangan, sehingga membuat tanaman kurang menghasilkan, akan tetapi walaupun demikian mereka tetap bersemangat dan masih terus mencoba. "Gagal panen kami kali ini pak, nggak ujan-ujan kemarau terus, ya tapi masih semangatla," ucapnya.

Ketika ditanyai mengenai kendala yang mereka alami selama bercocok tanam, Kasirin dengan lirih mengatakan mereka mendapati banyak kendala, seperti tidak adanya sistem pengairan yang baik, kurangnya pengetahuan, susah dan mahalnya harga pupuk dan obat-obatan, sampai dengan susahnya mendapatkan bibit yang berkualitas.

Kordias Pasaribu mengatakan, para petani jangan hanya mengharapkan dari hujan untuk mengairi pertanian, akan tetapi petani harus kreatif dan inovatif agar tidak kalah dengan cuaca yang tidak menguntungkan para petani ini. Untuk mensiasati lahan pertanian yang kering, para petani bisa membuat sumur bor untuk mengairi lahan pertanian, sehingga tidak lagi tergantung dengan hujan.

Petani juga harus tangguh dan tidak mudah untuk berputus asa dalam menghadapi cuaca ekstrim seperti ini. Petani yang maju adalah petani yang mempunyai sifat kreatif, inovatif serta tangguh dalam menghadapi setiap keadaan. (des)

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY