Terkait Liputan Khusus Korupsi

Dewan Pers Gelar Pelatihan Jurnalistik

Selasa,11 Agustus 2015 | 18:42:57 WIB
Dewan Pers Gelar Pelatihan Jurnalistik
Ket Foto : Pokja Pengaduan Masyarakat Dewan Pers, Sabam Leo Batubara menyampaikan materi kepada peserta pelatihan jurnalistik tentang liputan khusus korupsi di Hotel Pangeran, Selasa (11/8/2015). Foto : Virda Elisya

PEKANBARU (jurnalmetronews.com) - Dewan Pers melaksanakan pelatihan jurnalistik tentang liputan khusus korupsi di Hotel Pangeran, Selasa (11/8/2015).

Dalam kegiatan ini, narasumber dari Dewan Pers terdiri dari tiga orang, yakni Sabam Leo Batubara yang menjabat sebagai Pokja Pengaduan Masyarakat Dewan Pers, Agus Sumaryanto sebagai Koordinator Indonesian Corruption Wacth (ICW) dan Jimmy Silalahi sebagai Wakil Komisi Hukum Dewan Pers.

Nara sumber pertama, yakni Sabam Leo Batubara menjelaskan judul materi tentang Kasus-kasus yang Diadukan ke Dewan Pers. Dijelaskan Leo, dari 196 negara, 50 negara yang gemar korupsi di antaranya, Indonesia, sedangkan Malaysia termasuk ke dalam 35 negara yang paling sedikit korupsi dan 5 negara yang tidak korupsi Singapura, Finlandia dan lain-lain.

Pembahasan kedua dibawakan, Agus Sumaryanto dengan judul Upaya Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi. Ia menyatakan, 318 dari 530 kepala daerah tersangkut masalah hukum semenjak adanya anggaran untuk daerah, pelaku paling banyak korupsi di antaranya, pegawai Pemerintahan Daerah (Pemda), Kementerian, Direktur/komisaris/konsultan/pegawai swasta, anggota DPR dan pemimpin daerah.

Nara sumber ketiga, Jimmy Silalahi menyampaikan cara menjadi seorang jurnalis yang baik, yakni harus teliti. Seorang jurnalis harus memahami maksud dan tujuan dari kode etik jurnalis. Sebagai penutup, Jimmy Silalahi menyampaikan, media yang benar adalah yang bisa menjaga keseimbangan antara idelisme dan komersialisme. Setelah nara sumber menyampaikan materinya, acara ditutup dengan makan siang dan pembagian sertifikat untuk wartawan yang hadir. (vir)

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY