Ikuti Pelatihan Perbengkelan

Disnakertrans Pelalawan akan Kirim Utusan ke BLK Riau

Selasa,25 Agustus 2015 | 19:37:15 WIB
Disnakertrans Pelalawan akan Kirim Utusan ke BLK Riau
Ket Foto : Kadisnakertrans Kabupaten Pelalawan, Drs Nasri Fisda Eli.

PELALAWAN (jurnalmetronews.com) - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Pelalawan akan kembali mengirimkan putra-putri terbaik ke Badan Latihan Kerja Provinsi Riau.

Dikatakan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Pelalawan Drs Nasri Fisda Eli, kegiatan pengembangan kelembagaan produktivitas dan pelatihan kewirausahaan ini bertujuan menggiatkan program peningkatan kesempatan kerja bagi para pencari kerja (Pencaker) yang digelar oleh Dinas Tenaga Kerja Provinsi Riau di Balai Latihan Kerja (BLK) Provinsi Riau.

"Ya, kita akan mengirimkan putra-putri terbaik sebanyak 16 orang dari 12 kecamatan se-Pelalawan. Untuk pelatihan tersebut digelar Disnaker Provinsi Riau di BLK.untuk masalah biaya, semua pelatihan untuk para peserta biaya akan ditanggung Pemerintah Kabupaten Pelalawan selama dua bulan nantinya," papar Kadisnakertrans, Selasa (25/8/2015).

Para peserta akan dipiliih, mana yang serius ikut pelatihan. Mereka (peserta) akan diberi pelatihan perbengkelan. Nasri FE juga mengatakan, setelah selesai pelatihan, para peserta akan diberi bantuan peralatan modal buat buka usaha.
Pelatihan ini digelar untuk mengurangi angka kemiskinan dan pengangguran di Kabupaten Pelalawan. Dimana angka pengangguran di Kabupaten Pelalawan hingga saat ini mencapai 8 persen dari tenaga kerja produktif di Pelalawan.

"Pelatihan akan dimulai pertengahan bulan September mendatang. Kita masih menunggu kontrak kerja di BLK Provinsi Riau. Setelah membuka usaha selama sebulan, kita lakukan monitoring. Kalau usaha tidak dilanjutkan akan diberi sanksi tidak boleh ikut pelatihan ke depannya," jelasnya.

Nasri menambahkan, untuk saat ini pihaknya belum bisa membuat pelatihan di Pelalawan, karena belum punya gedung BLK. Selama dua tahun belakangan, kata Kadis, pihaknya telah mengadakan pelatihan jahit buat putra-putri di Kabupaten Pelalawan.

"Saya berharap dengan adanya pelatihan yang digelar setiap tahunnya dapat dimanfaatkan dengan baik oleh peserta. Saya meminta peserta bisa membuka usaha dengan serius dan membuka lapangan kerja untuk teman-teman lainnya," tutupnya.(des)

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY