KPU Gelar Pleno Terbuka

Haza Nomor Urut 1 dan ZA Nomor Urut 2

Rabu,26 Agustus 2015 | 20:02:07 WIB
Haza Nomor Urut 1 dan ZA Nomor Urut 2
Ket Foto : Foto :ilustrasi (int)

PELALAWAN (jurnalmetronews.com) - Komisi Pemilihan Umum Pelalawan menggelar rapat pleno terbuka pencabutan dan penetapan nomor urut pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Pelalawan periode 2016-2021, Rabu (25/8) kemarin.

Rapat pleno digelar di Gedung Daerah Laksamana Mangku Diraja dipimpin Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pelalawan, Nasaruddin US SH didampingi jajaran komisioner lainnya.

Dalam pencabutan nomor urut untuk dua pasangan calon Bupati Pelalawan dan Calon wakil Bupati Pelalawan, nomor urut satu didapat pasangan HM Harris- Drs H Zardewan (HaZa) dan nomor urut dua didapat pasangan H Zukri Misran-H Abdul Annas Barun (ZA).

Pencaputan nomor urut pasangan disaksikan masing-masing tim koalisi kampanye kemenangan dan pendukung pasangan. Pencabutan nomor urut berjalan aman, masing-masing pasangan menunjukan pilkada yang jujur, adil dan rahasia. Saat ditemui usai melakukan rapat pleno terbuka, Ketua KPU Pelalawan Nasaruddin US SH mengatakan, pelaksanaan pleno terbuka, pasangan calon Bupati Pelalawan dan Wakil Bupati sudah mendapatkan nomor undian. Dalam pilkada serentak tahun 2015, cuman dua pasangan yang maju yakni HM Harris-Zaderwan nomor urut satu dan Zukri Misran-Annas Badrun nomor urut dua.

"Pleno sudah selesai. Bakal calon sudah kita tetapkan dua pasang. Untuk segala persyaratan kedua pasangan calon sudah dinyatakan lengkap sehingga kedua pasangan calon kini berhak menyandang status calon. Dalam pencabutan nomor undi, masing-masing pasangan membawa tim koalisi kampanye pemenenangan dan pendukung massa," jelasnya.

Nasaruddin US SH mengatakan, Rabu (26/8) besok, KPU kembali akan menggelar acara tepung tawar bekerjasama dengan Lembaga Kerapatan Adat Melayu (LKAM) Pelalawan. Pada kesempatan itu, pihaknya juga akan mengundang Sultan Pelalawan HT Kamaruddin, Ketua LKAM Pelalawan Edy Sabli dan tokoh-tokoh adat lainnya. "Kita perkirakan yang hadir juga sekitar 400 orang dan acara akan digelar di gedung Daerah Laksamana Mangkudiraja, sekitar jam 09.00 WIB," katanya.

Dikatakannya, selain cara Tepuk Tawar, pihaknya juga telah mempersiapkan agenda lain yakni penandatanganan deklarasi kampanye damai yang akan ditandatangani oleh kedua pasangan calon.

Penandatanganan in bertujuan agar masing-masing pasangan dapat berkomitmen tetap menjaga suasana di daerah ini supaya tetap kondusif selama kampanye berlangsung. "Tanggal 27 Agustus, baru pasangan diperbolehkan kampanye," ungkapnya.

Nasaruddin menambahkan, pemasangan alat peraga kampanye (APK) terdiri dari 5 baliho di 5 titik, 2 spanduk di tiap desa dan 20 umbul tiap kecamatan, sedangkan untuk pemasangan APK ini, kedua Paslon telah menentukan titiknya salah satunya untuk titik pemasangan Baliho.

"Untuk paslon Bupati dan Cawabup HM Harris - Drs H Zardewan MM (Ha-Za), telah menentukan pemasangan lima titik baleho yakni di jalan lintas timur Simpang Beringin (Simpang Maredan,red) kecamatan Bandar Seikijang, Lapangan Bolakaki Kecamatan Pangkalan Kerinci, Simpang Bunut, Kecamatan Pangkalan Kuras, Simpang Kelurahan Sorek 1 Kecamatan Pangkalan Kuras dan Kelurahan Ukui, Simpang Kerumutan kecamatan Ukui," sebutnya.

Untuk paslon Bupati dan Cawabup H Zukri Misran-H Abdul Anas Badrun, telah menentukan pemasangan 5 titik baleho, yakni di Jalan Lintas Timur KM 55 Kecamatan Bandar Seikijang, Simpang Lampu Merah KM 5 Acces Road RAPP Kecamatan Pangkalan Kerinci, Simpang Bunut kecamatan Pangkalan Kuras, Parit Melur Kecamatan Kuala Kampar dan Jalan Lintas Timur samping kantor lama BNI (pasar baru,red) kecamatan Pangkalan Kerinci.

"Namun demikian, sebelum dilakukan pemasangan baleho ini, kita akan melakukan pelacakan titik-titik tersebut untuk dikoordinasikan kepada Pemkab titiknya. Jika ada titik lokasi yang tidak dibenarkan memasang alat peraga kampanye, maka kita akan mencari titik lokasi lainnya. Intinya, kita tetap berkoordinasi dengan Pemkab terkait masalah pemasangan titik- titik baliho ini. Hanya saja, saat ini kita masih menunggu pencetakan dari pihak Propinsi, karena pencetakan alat peraga kampanye ini dipusatkan di Pekanbaru bagi 9 kabupaten/kota yang melaksanakan Pilkada tahun 2015 ini. Sedangkan untuk mekanisme pemasangan alat peraga kampanye ini, kita akan melibatkan PPK, Panwas, Panwascam dan Pemkab Pelalawan," tegasnya.

Disinggung terkait pelaksanaan kampanye, Malik menambahkan, untuk persoalan kampanye maka rapat umum yang mengerahkan massa dan mendatangkan artis atau misalkan dalam bentuk pengobatan alternatif gratis, bazaar dan lainnya hanya diperbolehkan satu kali saja.

"Sedangkan untuk rapat pertemuan terbatas akan diserahkan oleh tim, namun pihaknya akan menentukan bahwa satu hari hanya diperbolehkan 4 kali saja. Dan Insya Allah, tanggal 27 Agustus nanti, pelaksanaan kampanye akan segera dilaksanakan," sebutnya

Sementara itu, pasangan calon nomor urut satu HM Harris mengatakan, dirinya merasa senang bisa mendapatkan nomor urut satu, dimana nomor tersebut sebuah angka yang sangat mudah diingat dan disebutkan. Jadi tidak ada angka-angka keramat semuanya sama. Tapi nomor 1 tetap yang teristimewa buat Haza dan merupakan incaran buat dirinya sebelum pencabutan ini.

"Angka satu akan menjadi kartu keberuntungan (truft,red) buat kemenangan Haza di Pilkada Pelalawan 9 Desember 2015 mendatang . Kita tak perlu angka lain, sama halnya pada 5 tahun lalu saat Saya berpasangan dengan Marwan Ibrahim Kita nomor urut 1 dan melelnggang menang. Mudah - mudahan kembali menang .Jangan lupa nomor 1 dan Tetap berdo'a dan meminta petunjuk dengan Allah SWT," paparnya.

HM Harris mengatakan majunya pada pilkada serentak tahun 2015 bukan mengincar kekuasaan, tapi melainkan memajukan Kabupaten Pelalawan yang siap bersaing dengan daerah lain dan ingin sejahterahkan masyarakat dengan melanjutkan tujuh program strategis yang menjadi primadona buat masyarakat yang ada di Kabupaten Pelalawan.

"Masyarakat sudah Cerdas dan sudah tahu siapa yang bekerja untuk Pelalawan. Kita sudah buktikan dan tinggal melanjutkan saja. tujuh program strategis Pelalawan siap dilanjutkan untuk menjadikan Pelawan yang lebih maju dan sejahtera," seraya harapan penuh dengan hati yang nurani.

Selain itu, pasangan nomor urut 2 Zukri Misran menyampaikan, bahwa dirinya sangat optimis bisa memenangi pilkada serentak Kabupaten Pelalawan 9 Desember mendatang. Dimana tim koalisi Pelalawan Hebat sudah bergerak Hingga kebawah dalam mensosialisasikan pasangan Zukri Misran - Abdul. Nomor urut 2 merupakan angka lebih dingin serta angka perubahan Pelalawan. Hidup ini akan indah bila berpasangan makanya angka 2 Memang menjadi incaran. Angka 2 ada keberuntungannya dan dirinya bersama Anas Badrun siap mewujudkan keinginan Masyarakat Pelalawan. "Kita optimis menang 60 - 40 persen. Itu sepertinya yang realistis. Kita mengusung perubahan dengan 5 pilar hebat yakni hebat pemerintahan, hebat pendidikan, hebat ekonomi, hebat kesehatan dan hebat pembangunan. Kita butuh perubahan besar untuk Pelalawan yang lebih maju dan sejahtera," tutupnya.(des)

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY