Pilkada Digerakkan DPD, Pengurus DPW PAN Riau Vakum

Rabu,09 September 2015 | 20:16:54 WIB
Pilkada Digerakkan DPD, Pengurus DPW PAN Riau Vakum
Ket Foto : Foto: int

PEKANBARU (jurnalmetronews.com)- Sementara ini, kepengurusan Dewan Pimpinan Wilayah Partai Amanat Nasional Riau vakum, karena Dewan Pimpinan Pusat tak kunjung menunjuk Ketua yang baru. Namun demikian, tak menghambat pelaksanaan pemilihan kepala daerah di 9 kabupaten/kota, karena mesin partai digerakkan DPD Partai Amanat Nasional kabupaten/kota.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Amanat Nasional (DPW PAN) Riau domisioner, Fendri Jaswir kepada jurnalmetronews.com, Rabu (9/9/2015). "Tak ada, kepengurusan DPW PAN vakum, kalau pilkada bisa dijalankan oleh DPD kabupaten/kota, kecuali pilkada Gubernur," ungkap Fendri.

Terkait dengan kepengurusan DPW PAN Riau yang baru sudah ditanyakan ke DPP tetapi belum ada jawaban. "Mudah-mudahan aja dalam waktu dekat ini," katanya.

Di tempat terpisah, pengamat politik asal Universitas Islam Riau (UIR), Indra Syafri mengatakan, pengaruh dari vakumnya pengurus DPW PAN Riau terhadap pelaksanaan pilkada di kabupaten/kota sangatlah kecil.

Pasalnya, pilkada lebih dominan kepada figur calon kepala daerah. Besaran suara partai politik (Parpol) di pemilihan umum (Pemilu) tak berpengaruh terhadap pemilihan kepada daerah. Buktinya, terkadang calon independen dan yang didukung partai kecil bisa menang di pilkada, jika figurnya kuat.  "Jadi tak linier besaran suara partai dengan tingkat keterpilihan calon kepala daerah, sehingga tak ada jaminan calon kepala daerah yang diusung partai besar akan menang," ujarnya. (war)

 

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY