Kegiatan Kemenkum dan Ham Riau dalam rangka HUT ke 70 RI

Tanggal Galeri : Senin,17 Agustus 2015

Dalam rangka memperingati HUT RI ke 70 tahun 2015, kementerian hukum dan Ham  RI melaksanakan kegiatan bakti masyarakat di seluruh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham di Indonesia secara serentak, Kamis (13/8/2015).

Pada Kegiatan bakti masyarakat tersebut dilaksanakan kegiatan konsultasi kekayaan intelektual, ceramah penyuluhan hukum terpadu, pemberian piagam penghargaan pada organisasi bantuan hukum yang berperan aktif dalam melaksanakan program bantuan hukum kepada orang tidak mampu secara ekonomi.

Peresmian Aplikasi budaya hukum berbasis web, serta kampanye anti narkoba dalam bentuk penyajian film dokumenter dan penyuluhan hukum terpadu.

Adapun peserta yang mengikuti Darma Bakti Masyarakat adalah para pelajar dari SMA dan SMK berjumlah 100 orang, dan Para pengurus OBH (Organisasi Bantuan Hukum).

Penerima Penghargaan Organisasi bantuan hukum yang terbaik pada kali ini adalah organisasi bantuan hukum yang berprestasi dan berperan aktif dalam melakukan pemberian bantuan hukum kepada masyarakat tidak mampu yang terpilih di propinsi riau adalah Organisasi Bantuan Hukum Ananda dan Organisasi bantuan hukum Mahatva.

Piagam penghargaan dari menteri Hukum dan Ham RI kepada kedua Organisasi Bantuan Hukum tersebut diserahkan langsung oleh kepala kantor wilayah kementerian hukum dan ham riau Dr. Ferdinand Siagian, SH., MSi.

Yang menarik antusias peserta pada pelaksanaan bakti masyarakat ini adalah penyelenggaran kampanye anti narkoba, dengan pemutaran film dokumenter dan penyuluhan hukum tentang bahaya penyalahgunaan narkoba yang disajikan oleh pihak BNN Provinsi Riau Alfian Alimuddin, SH. serta materi bantuan hukum yang disampaikan oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan Ham Parsaoran Simaibang, SH.

Disamping itu ada hal yang tidak kalah pentingnya yakni peresmian Aplikasi Budaya Hukum Berbasis WEB, berupa Legal Smart Channel, Peta Akses Pengadilan, JFT Penyuluhan Hukum, Aplikasi SID BANKUM (Sistem Informasi Database Bantuan Hukum) dan Aplikasi Legal Smart Channel melalui Play store yang ada pada fasilitas Android Mobile.

Menurut Ferdinand Siagian Jangan sekali-kali pelajar menyentuh dan menyalahgunakan narkotika dan zat adiktif lainnya, sekali saja melakukan penyalah gunaannya akan memberikan dampak ketergantungan untuk sekian lama, akibatnya pelajar akan melakukan segala cara termasuk melanggar hukum lainnya untuk mendapatkan narkotika Dan oleh sebab itu katakan tidak pada orang yang menawarkan narkotika dan laporkan orang tersebut secara diam-diam kepada pihak berwajib, ujarnya.

Dan untuk peluncuran aplikasi SID BANKUM, Ferdinand Siagian mengatakan bahwa aplikasi ini memudahkan masyarakat untuk dapat mengakses informasi hukum yang terbaru, terangnya.

"Serta untuk mendapatkan penghargaan bahwa ini adalah wujud apresiasi kementerian hukum dan ham RI kepada Organisasi Bantuan Hukum yang melaksanakan program bantuan hukum dengan baik, dan kepada penerima penghargaan bantuan hukum agar lebih di tingkatkan prestasinya dalam memberikan bantuan hukum kepada masyarakat tidak mampu dan yakinlah reward untuk yang berprestasi akan diperoleh nyata di dunia dan disisi sang Khalik tentunya", tutupnya.

Kepala Kantor Wilayah mencoba aplikasi penyuluhan hukum berbasis web yang baru diresmikan

Devisi Pelayanan Hukum Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham Riau menerima konsultasi hukum tentang Kekayaan Intelektual.

 

Para pelajar dan pejabat struktural terpana melihat kejahatan sindikat mafia narkotika pada pemutaran film kampanye anti narkoba

 

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham Riau menyerahkan piagam penghargaan dari Menteri Hukum dan Ham RI kepada OBH Ananda dan Mahatua yang telah berprestasi dalam memberikan bantuan hukum kepada masyarakat tidak mampu di Provinsi Riau

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham Riau memberikan wejangan kepada para pelajar terhadap penyalahgunaan narkotika

Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan Ham memberikan penyuluhan tentang bantuan hukum

Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Riau memberikan penyuluhan hukum tentang  Narkotika

SMUN 1 dan SMKN 2 Pekanbaru mendapatkan sertifikat penyuluhan hukum dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham Riau

Foto Bersama

Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY